Latest News

Mengapa Foto & Video yang Diambil dengan Ponsel atau Kamera Disimpan dalam Folder DCIM?

infonyabagus.com Sebuah folder bernama DCIM mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda pengguna ponsel atau kamera. Sebab setiap membuka kumpulan file untuk melihat gambar atau video yang telah diabadikan Anda akan membukanya di folder DCIM.

Yang menjadi pertanyaan mengapa folder tersebut kerap dinamakan DCIM?, mengapa folder tersebut tidak diberi nama folder galeri foto atau video?


Dikutip dari laman Howtogeekcom disebutkan bahwa folder DCIM berasal dari Design rule for Camera File system (DCF), satu standar yang ditetapkan pada tahun 2003.


DCIM merupakan akronim dari 'Digital Camera Images' yang merupakan sebuah standar yang diterapkan pada setiap peralatan digital pengambil foto atau video.


Folder ini berguna ketika misalnya Anda sedang sibuk mengambil foto atau video dengan ponsel,namun tiba-tiba smartphone Anda kehabisan baterai. Nah apabila Anda memiliki kamera DSLR Anda tinggal lepas kartu memori dari ponsel terus memindahkannya ke kamera DSLR tadi. 


Kemudian folder DCIM yang terdapat di kartu memori tadi juga akan digunakan kamera DSLR untuk menyimpan foto atau video. Sehingga dengan adanya foder ini kita tidak perlu khawatir file foto atau video akan berserakan tata letaknya. 


Foto atau video yang diambil menggunakan ponsel maupun kamera DSLR akan tetap disimpan di tempat yang sama yakni folder DCIM. Jadi pastikan folder tersebut tetap ada di kartu memori Anda. 

0 Response to "Mengapa Foto & Video yang Diambil dengan Ponsel atau Kamera Disimpan dalam Folder DCIM?"