Latest News

Inilah Obat Segala Penyakit, Tanpa Efek Samping!

Foto: Gainislam
infonyabagus.com Pada setiap kesempatan, ada doa yang sesuai, baik ketika bangun, saat akan tidur, berdiri, duduk ataupun berbaring. Begitupun ketika seseorang sedang sakit.

Sembari berusaha untuk berobat, maka selama masa pengobatan itu hendaknya kita tak putus putusnya untuk terus berdoa kepada Allah SWT dengan penuh keyakinan . Sebagaimana yang diyakini Nabiyullah Ibrahim Alaihissalam


“ Dan apabila aku sakit, Dialah (Allah) yang menyembuhkan aku,” (QS. Asy-Syu’ara: 80)
Banyak hadits-hadits yang menyebutkan tentang bagaimana mengobati penyakit dengan doa. Aisyah berkata,” Jika seseorang diantara kami mengeluhkan rasa sakit, Rasulullah Saw mengusap dengan tangan kanannyasembari berdoa:


أَذْهِبِ الْبأْسَ رَبَّ النَّاسِ، اِشْفِ وَأَنْتَ الشَّافِي، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabbnya manusia, sembuhkanlah, karena Engkaulah Penyembuh, tiada kesembuhan kecuali dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” (HR Bukhari dan Muslim)
Yakni tidak menyisakan penyakit yang sama atau penyakit lain sebagai efek samping. Maka doa adalah obat dari penyakit, tanpa efek samping.


Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fathul Bari menjelaskan makna ‘la yughadiru saqama’ bahwasanya faedah dibalik kalimat ini karena bisa jadi kesembuhan dari penyakit didapatkan, tapi ada penyakit lain yang menghampirinya sebagai efek lanjut dari penyakit tersebut. Maka Nabi berdoa kepada Allah memohon kesembuhan secara total, bukan sekedar kesembuhan.


Doa lain yang dikisahkan dari Utsman bin Abil Ash ats-Tsaqafi, bahwa ia pernah mengeluhkan kepada Rasulullah SAW perihal rasa sakit yang beliau rasakan di jasadnya sejak masuk Islam. Lalu Rasulullah SAW bersabda:

“Letakkan tanganmu ditempat yang sakit di jasadmu, lalu bacalah ‘Bismillah’ sebanyak 3 kali, lalu lanjutkan dengan doa berikut ini sebanyak 7 kali:


“Aku memohon perlindungan kepada Allah dan kekuasaan Nya dari keburukan apa yang aku dapatkan dan aku khawatiri.” (HR. Muslim).


Ketika sakit bisa juga berdoa dengan doa yang diajarkan Rasulullah SAW seperti yang diriwayatkan Abu Darda’. Rasulullah Saw bersabda:


“Barangsiapa diantara kalian atau saudaranya mengeluhkan rasa sakit, hendaknya berdoa:


رَبَّنَا اللّهُ الَّذِي فِي السَمَاءِ، تَقَدَّسَ اسْمُكَ، أَمْرُكَ فِي السَّمَاءِ والْأَرْضِ كَمَا رَحْمَتُكَ فِي السَّمَاءِ، فَا جْعَلْ رَحْمَتَكَ فِي الْأَرْضِ، اِغْفِرْلَنَا حُوبَنَا وَخَطَايَنَا، أَنْتَ رَبُّ الطَّيِّبِيْنَ، أَنْزِلْ رَحْمَةً مِنْ رَحْمَتِكَ، وَشِفَاءً مِنْ شِفَائِكَ عَلَى هَذَا الْوَجَعِ فَيَبْرَأَ

“Wahai Rabb kami, Allah yang berada di langit, maha suci nama-Mu, perintahmu meliputi langit dan bumi, sebagaimana rahmat-MU pun meliputi langit dan bumi. Maka jadikanlah rahmat-Mu turun ke bumi, ampunilah dosa dan kesalahan kami, Engkau Rabb orang-orang yang baik, turunkanlah rahmat diantara rahmat-Mu, penawar diantara penawarMu untuk penyakit ini agar sembuh.” (HR. Abu Dawud)

0 Response to "Inilah Obat Segala Penyakit, Tanpa Efek Samping!"