Latest News

Cara Menangani Pertengkaran Antara Anak-anak

anak bertengkar
Foto: medkes
infonyabagus.com Jika Anda memiliki lebih dari satu anak di rumah maka sangat umum jika sesekali kita melihat mereka bertengkar. Nah, bagaimana menangani pertikaian diantara anak-anak?

Jika perilaku keras selama masa kanak-kanak tidak ditangani dengan benar, bibit permusuhan akan terus tumbuh pada diri mereka bahkan setelah tumbuh dewasa. Saudara sedarah terkadang tak lepas dari kondisi saling membenci atau merasa cemburu satu sama lain jika orang tua tidak menciptakan perasaan persatuan atau kesatuan pada anak-anak ketika mereka masih muda.

Inilah asalan pentingnya untuk berhati-hati menangani perkelahian di kalangan anak-anak Anda. Jadi, bagaimana cara menghentikan pertengkaran diantara anak? Berikut langkah-langkanya.

Pertama

Sebelum pertarungan mencapai titik di mana anak-anak melukai satu sama lain dan mulai menangis, segera hentikan mereka. Untuk ini, Anda mungkin perlu untuk memisahkan keduanya jika mereka memukul satu sama lain. Buat mereka duduk di dua sudut yang berlawanan dari ruangan secara fisik menjauhkan mereka dari jangkauan diantara satu sama lain.

Kedua
 
Jangan marah, karena hal tersebut dapat membuat kondisi semakin buruk. Meskipun situasi ini cukup sulit untuk membuat Anda tetap tenang, coalah untuk tetap rileks karena Anda tentu tidak bisa menangani masalah ini dengan suasana hati yang tidak stabil.

Ketiga

Hal teraik selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengalihkan keduanya untuk meneruskan kegiatan mereka sebelumnya yang telah terhenti akibat pertengkaran. Mintalah kepada mereka untuk bertemu dengan Anda setelah beberapa jam kemudian untuk membicarakan masalah ini. Ini akan membantu untuk kemali menstabilkan suasana

Keempat
 
Ketika Anda bertemu dengan anak-anak untuk berbicara tentang masalah yang telah terjadi, beritahu mereka mengapa pertikaian itu tidak baik dan pahamkan mereka apa konsekuensi yang akan terjadi jika mereka terus berkelahi. Gunakan cara yang halus yang menunjukkan bahwa Anda akan menghukum mereka jika mereka tidak mendengarkan Anda. Tapi pastikan bahwa Anda tidak bersikap terlalu keras kepada anak-anak. Jadilah Anda sosok orangtua yang tegas tapi tidak menunjukkan bentuk kekerasan. Mudah-mudahan dapat membantu.

0 Response to "Cara Menangani Pertengkaran Antara Anak-anak"