Latest News

Ini 9 Sifat Anak-anak yang Patut Dicontoh Orang Dewasa

Foto: hijablife
infonyabagus.com Anak-anak memiliki banyak keterampilan dan sikap yang orang dewasa perlu untuk memperlajarinya. Dikutip dari laman MuslimMatters beberapa sikap yang baik dicontoh oleh orang Dewasa:

  1. Ketekunan
    Anak-anak memiliki sifat tidak mudah menyerah. Mereka berorientasi pada tujuan. Mereka mampu fokus pada tujuan sampai mendapatkan apa yang mereka inginkan.

     
  2. Sikap Positif terhadap Kesalahan
    Anak-anak ketika mendapati diri bersalah, mereka menggunakannya sebagai pengalaman belajar.  Orang dewasa bisa belajar untuk melihat kesalahan kita sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang bukan selalu melihatnya sebagai bentuk kegagalan. Kesuksesan diraih bukan karena tidak pernah gagal tetapi kita sikapi setiap kegagalan menjadi pelajaran untuk lebih baik.

     
  3. Pemaaf
    Anak-anak tidak tidak pendendam. Mereka dapat memaafkan dengan mudah. Mereka transparan tentang perasaan mereka. Orang dewasa harus belajar untuk bersikap seperti ini dengan satu sama lain. Sebab orang dewasa kerap kesulitan untuk membuang sifat dendam dan menjadi orang yang mudah memaafkan.
     
  4. Kemampuan untuk menyesuaikan diri
    Anak-anak dapat menyesuaikan diri dengan sangat cepat terhadap perubahan dalam hidup mereka, tidak seperti orang dewasa yang sering kaku dan tidak fleksibel terhadap perubahan.
     
  5. Tertawa dan Tersenyum
    Anak-anak rata-rata tertawa sekitar 200 kali sehari, sementara orang dewasa rata-rata tertawa 14-17 kali sehari. Orang dewasa kerap dijuampai stres akibat permasalahang yang kerap dihadapi. Dengan demikian kita perlu setidaknya selalu mengkondisikan diri agar tidak selalu terjebak pada kesulitan yang dihadapi dan sering-seringlah tersenyum dihadapat kerabat Anda sehingga orang disekelilingmendapatkan suasana yang positif didekat Anda.
     
  6. Rasa ingin tahu
    Anak-anak secara alami memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka terus membuat penemuan tentang kemampuan mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Orang dewasa harus menyikapi hal ini secara positif untuk kebaikan hidup Anda.
     
  7. Kepercayaan
    Orang-orang yang memiliki kepercayaan dihadapan orang lain cenderung lebih bahagia, lebih baik dan disukai oleh orang lain, daripada orang yang tidak dipercaya oleh kerabatnya.
     
  8. Keyakinan
    Anak-anak merasa bahwa mereka adalah yang terbaik, tercepat, terkuat, paling cerdas. Kita orang dewasa harus memiliki keyakinan yang kuat didalam diri, sehingga kita dapat mengejar impian yang kita cita-citakan.
  9. Keaktifan dalam setiap kegiatan
    Anak-anak dimanapun berada mereka selalu akif dengan kesibukannya masing-masing. Sebagai orang dewasa kita perlu mencontohnya sehingga dapat meningatkan produktifitas kearah yang positif. Contohnya ketika menunggu Bus di Halte, daripada duduk melamun lebih baik kita membiasakan diri kita dengan membaca buku misalnya.

0 Response to "Ini 9 Sifat Anak-anak yang Patut Dicontoh Orang Dewasa"